Tips Berdakwah Melalui Sosial Media

Saat ini segala hal bisa dilakukan secara online baik untuk berdakwah mengenai Islam. Keberadaan sosial media dan kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal termasuk menyebarkan ajaran agama seperti contohnya website dutadakwah.

Tips Melakukan Dakwah Melalui Sosial Media

Dakwah saat ini dapat dilakukan dengan menggunakan sosial media. Hal ini karena dapat menjangkau lebih banyak orang daripada mengadakan di suatu tempat saja. Berikut ini terdapat beberapa tips berdakwah melalui online:

Tips Berdakwah Melalui Sosial Media

  1. Isi Konten Dapat Dipertanggungjawabkan

Berdakwah menggunakan sosial media juga tetap harus memperhatikan isi kontennya. Tentu harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya agar tidak disebut sebagai berita sampah semata bahkan menyesatkan.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh dutadakwah yang mana memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan isinya. Kelebihannya tentu saja dapat menjadikan pembaca lebih nyaman dan percaya sehingga akan menjadikannya sebagai salah satu referensi untuk belajar.

  1. Jangan Terbawa Arus

Ketika berdakwah melalui sosial media maka pastikan untuk tidak terbawa arus misal politik, masalah yang sedang berkembang, dan lain sebagainya. Bertindaklah netral dan tidak memihak satu pihak. Hal ini agar isi konten tetap berkualitas dan terhindar dari fitnah.

Jika ingin menyampaikan pendapat dapat dikemas dengan cara menyertakan sumber terpercaya yakni dari Al Quran dan sunnah. Hindari pula menggunakan opini pribadi saja namun sertakan pula jawaban dari ahli misalnya tentang tafsir, hadis, dan lain sebagainya.

  1. Menggunakan Desain yang Menarik

Salah satu daya tarik dari sosial media ialah menggunakan desain yang menarik. Namun, dikarenakan isi kontennya bertemakan agama maka pastikan masih sesuai dengan koridor atau sopan. Hindari menggunakan gambar makhluk secara utuh untuk menghindari perdebatan.

Gunakan aplikasi untuk membantu pekerjaan membuat desain yang menarik. Pastikan pula tulisan beserta gambar atau ilustrasi tambahannya sesuai dan pas sehingga nyaman untuk dilihat. Sertakan pula sumbernya agar tidak menimbulkan salah paham.

Selain tiga tips di atas masih ada hal lainnya yang harus diperhatikan seperti menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta tidak menyudutkan suatu pihak. Hal ini karena masalah agama sangat sensitif sehingga dapat dengan mudah memicu perdebatan.

Salah satunya yang bisa dijadikan referensi ialah website dari dutadakwah. Anda dapat mengunjunginya di dutadakwah.org.