Apa Saja Tiga Teknik Sederhana dari Tanam Hidroponik?

Menanam berbagai macam jenis sayur atau buah memang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan sistem tanam hidroponik. Anda perlu mengetahui apa saja sebenarnya tiga teknik sederhana dari metode ini.

Apa Saja Tiga Teknik Sederhana dari Tanam Hidroponik?
Tiga Teknik Sederhana dari Hidroponik

Hidroponik ini merupakan cara menanam tanpa menggunakan tanah sebagai media Tanam. Sebaliknya metode ini justru akan memanfaatkan air menjadi tempat menanam berbagai jenis tanaman. Lantas apa saja teknik sederhana dari metode ini?

1. Sistem Sumbu

Teknik ini merupakan cara yang paling sederhana sehingga cocok jika Anda sedang belajar mengenai dunia hidroponik. Ada banyak jenis tanaman bisa bisa dipilih untuk dicoba menanamnya cukup di rumah saja.
Selain muda, bentuknya pun kecil sehingga Anda tidak akan memerlukan area yang luas. Kelebihannya adalah tanpa menggunakan tenaga listrik jadi dapat dikatakan cukup hemat tenaga. Sayangnya teknik ini sangat sulit untuk mengontrol pH nya sehingga tanaman ditanam relatif sedikit.

2. Sistem Irigasi

Banyak petani yang menggunakan sistem hidroponik ini. Prinsip dari metode ini adalah mampu meneteskan larutan berupa nutrisi secara berkelanjutan sesuai takaran sehingga tumbuhan tidak perlu repot mencari unsur hara lagi.
Sistem irigasi ini umumnya diaplikasikan pada beberapa sayuran seperti cabai, paprika, timun jepang terong dan tomat. Ada juga buah yang ditanam dengan metode ini misalnya melon dan strawberry. Proses pemupukan dilakukan sekaligus pada saat penyiraman sehingga sangat hemat biaya.

3. Sistem Pasang Surut

Sistem yang satu ini memerlukan pompa air dan diatur menggunakan timer. Cara kerjanya akan membanjiri wadah penampung berisikan tanaman dan selanjutnya akan mengalirkan larutan bernutrisi selama periode tertentu.
Proses penyaluran ini akan terjadi ketika pompa air menyala sedangkan apabila mati maka penyurutan air tersebut sedang berlangsung. Kelebihannya yakni sangat mudah merawat dan memantaunya karena tidak memerlukan penyiraman manual.

Itulah tadi tiga sistem tanam hidroponik yang paling sederhana. Anda bisa menyelesaikannya dengan jenis tanaman dan luas area lahannya. Jangan lupa untuk mengunjungi situs tanam.co.id untuk mengakses segala informasi menarik lainnya dalam bidang tanaman.